AC Milan Menang 3-0 atas Juventus meski Gagal Penalti

0

MILAN – Kejadian Cristiano Ronaldo menghilang bak hantu dan Franck Kessie gagal penalti mewarnai kemenangan 3-0 AC Milan atas Juventus.

Juventus menjamu AC Milan di Stadion Allianz pada pekan ke-35 Liga Italia 2020-2021, Minggu (9/5/2021) waktu setempat atau Senin pukul 01.45 WIB.

Pertandingan tersebut berkesudahan dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim tamu.

Dilansir BolaSport.com dari Whoscored, Juventus selaku tuan rumah lebih dominan dalam penguasaan bola dengan raihan 55,1 persen berbanding 44,9 persen milik sang tamu, AC Milan.

Laga berjalan panas sejak wasit Paolo Valeri memulai babak pertama.

Jual beli serangan kerap terjadi, namun peluang baru tercipta saat laga memasuki menit ke-18 dan AC Milan menjadi kubu yang membuat percobaan tersebut.

Umpan pendek dari Hakan Calhanoglu diterima dengan baik oleh Brahim Diaz.

Kemudian, Brahim Diaz yang berada di dalam kotak penalti langsung melepaskan sepakan kaki kanan ke sisi atas kiri gawang Juventus yang dikawal Wojciech Szczesny.

Namun, percobaan itu belum membuahkan hasil untuk AC Milan karena masih melayang di atas mistar gawang Juventus.

Juventus juga membuat percobaan untuk mencetak gol pada menit ke-30.

Berawal dari situasi tendangan sudut sebelah kiri penyerangan yang diambil Alex Sandro, Giorgio Chiellini yang sudah berada di kotak penalti AC Milan langsung menyambarnya menggunakan sundulan.

Akan tetapi, percobaan Juventus itu juga masih belum membuahkan hasil.

Tandukan Chiellini masih melebar di sisi kiri gawang AC Milan yang dijaga Gianluigi Donnarumma.

Gol akhirnya tiba pada masa injury time babak pertama tepatnya menit ke-45+1′, dan AC Milan menjadi kubu yang berhasil mencetak gol tersebut.

Umpan jarak jauh yang dikirim Hakan Calhanoglu lewat tendangan bebas gagal diantisipasi dengan baik oleh Szczesny.

Tepisan Szczesny itu kemudian diambil oleh Brahim Diaz dan setelah melakukan sedikit gocekan, dia langsung melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang melaju melengkung ke pojok kiri atas gawang Juventus.

Szczesny sudah mencoba menghentikan upaya tersebut, namun usahanya kurang maksimal sehingga bola tetap masuk ke dalam gawangnya. AC Milan 1, Juventus 0.

Tak lama setelah gol tersebut wasit menyudahi jalannya babak pertama.

Sementara itu, pada babak pertama bomber Juventus, Cristiano Ronaldo, menghilang bak hantu.

Cristiano Ronaldo sama sekali tidak terlihat membuat aktivitas di kotak penalti I Rossoneri sepanjang paruh pertama.

Dilansir BolaSport.com dari Opta, ternyata memang Cristiano Ronaldo gagal membuat satu pun sentuhan di dalam kotak penalti AC Milan pada babak pertama.

Sepuluh menit babak kedua berjalan AC Milan mendapat kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan.

Solo-run Brahim Diaz yang diakhiri dengan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti terhenti di tengah jalan setelah membentur tangan Chiellini.

Wasit awalnya tidak menganggap insiden tersebut sebagai pelanggaran yang harus dihukum penalti.

Namun, setelah berkonsultasi dengan petugas video assistant referee (VAR) dan juga melihat tayangan ulang di monitor tepi lapangan, wasit mengubah keputusannya dan memberi AC Milan tendangan penalti untuk handball Chiellini.

Franck Kessie maju sebagai algojo penalti tersebut.

Akan tetapi, dia tidak menjalankan tugasnya dengan baik setelah sepakan kaki kanannya yang mengarah ke kiri dimentahkan oleh Szczesny.

Akhirnya, sepakan penalti itu gagal membuat AC Milan menjauh dan hanya menghasilkan tendangan penjuru untuk mereka.

Dengan gagal penalti di pertandingan ini, AC Milan sekarang menjadi tim yang paling sering menyia-nyiakan tendangan dari titik putih di 5 liga top Eropa.

Mengutip catatan Opta, AC Milan telah gagal mencetak gol dari situasi penalti sebanyak lima kali, hanya Eibar yang memiliki catatan serupa dengan mereka.

Menit ke-78, AC Milan akhirnya berhasil menggandakan keunggulan mereka atas Juventus.

Ante Rebic yang baru bermain selama 12 menit menjadi aktor di balik bergetarnya gawang Juventus untuk kedua kalinya pada laga ini.

Setelah menerima umpan dari Ismail Bennacer, Ante Rebic yang dihadang dua pemain langsung melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti.

Sepakan kaki kanan Rebic itu melaju ke pojok kanan atas gawang Juventus, dan Szczesny yang sepertinya tidak menduga bola akan masuk ke gawangnya hanya terdiam saat sepakan striker 27 tahun tersebut merobek jalanya.

Empat menit setelahnya AC Milan berhasil menjauh. Fikayo Tomori turut mencatatkan namanya di papan skor dan membawa I Rossoneri unggul 3-0 atas Juventus.

Gol tersebut berawal dari umpan lambung yang dikirim Hakan Calhanoglu dari sisi kanan penyerangan AC Milan lewat situasi tendangan bebas.

Fikayo Tomori yang sudah menunggu di kotak penalti langsung menyambar umpan Calhanoglu menggunakan teknik sundulan.

Tandukan Tomori yang dibuat dari dalam kotak penalti melaju ke tengah gawang dan Szczesny gagal mengantisipasinya sehingga terpaksa memungut bola dari gawanya untuk ketiga kali pada laga ini.

Tidak ada gol tambahan sampai pertandingan usai.

Alhasil, AC Milan pulang dari Stadion Allianz dengan kemenangan 3-0 plus angka penuh di tangan.

Berikut ini susunan pemain Juventus dan AC Milan

Juventus (4-4-2): 1-Wojiech Szczesny; 12-Alex Sandro, 3-Giorgio Chiellini, 4-Matthijs de Ligt, 16-Juan Cuadrado; 22-Federico Chiesa (10-Paulo Dybala 79′), 25-Adrien Rabiot, 30-Rodrigo Bentancur (44-Dejan Kulusevski 67′), 14-Weston McKennie; 7-Cristiano Ronaldo, 9-Alvaro Morata

Pelatih: Andrea Pirlo

AC Milan (4-2-3-1): 99-Gianluigi Donnarumma; 2-Davide Calabria, 24-Simon Kjaer, 23-Fikayo Tomori, 19-Theo Hernandez; 4-Ismail Bennacer (5-Diogo Dalot 82′), 79-Franck Kessie; 56-Alexis Saelemaekers (18-Soualiho Meite 82′), 21-Brahim Diaz (33-Rade Krunic 70′), 10-Hakan Calhanoglu; 11-Zlatan Ibrahimovic (12-Ante Rebic 66′)

Pelatih: Stefano Pioli