Anggota DPR RI Dapil Kalsel 2 Sulaiman Umar Siddiq, Sosiasasi 4 Pilar Kebangsaan di Kecamatan Kuranji

0

Sulaiman Umar Siddiq anggota DPR RI daerah pemilihan Kalsel 2 melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at 19 Maret 2021.

Acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan dihadiri Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Dr H Ambo Sakka, M.Pd, Camat Kuranji serta aparat desa setempat. 

Selain Kabupaten Tanah Bumbu, kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan telah dilaksanakan di Kabupaten/Kota yang lain. 

Penyampaian sosialisasi 4 pilar kebangsaan berlangsung dengan dengan lancar. Peserta yang hadir begitu antusias mendengarkan penyampaian anggota DPR RI Dapil 2 Kalsel. 

Diawal sambutan, dr H Sulaiman Umar menyampaikan 4 pilar kebangsaan seperti Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI bagaian terpenting yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat dalam bernegara diseluruh aspek.

Menurutnya, “Pancasila sebagai pilar pertama adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang harus dihayati dan dipedomani oleh warga negara Indonesia dalam hidup dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kemudian Pilar kebangsaan Indonesia yang kedua adalah UUD 1945 atau UUD ‘45, adalah hukum dasar tertulis (basic law), konstitusi pemerintahan negara Republik Indonesia saat ini,”

Lanjut Sulaiman Umar, “Pilar bangsa ketiga bernama Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika bukan sebagai penghalang kebersamaan tetapi merupakan kekuatan untuk mencapai kemajuan dalam kemajemukan. Pilar Kebangsaan Indonesia yang keempat adalah NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kenapa NKRI ?, karena walaupun negara Indonesia terdiri dari banyak pulau, tetapi tetap merupakan satu-kesatuan dalam sebuah negara dan bangsa yang bernama Indonesia. Inti dari sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini adalah semoga kita nantinya bisa mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dan Pilar kebangsaan lainnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan tercipta ketertiban dan kerukunan antar sesama warga negara.” Jelas anggota DPR RI Dapil 2 Kalsel. 

“Sebelum saya akhiri sambutan dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan – MPR RI ini, saya ingin sampaikan kepada hadirin sekalian, meski wabah korona masih membayang tapi perjuangan kepada masyarakat sebagai anggota dewan di Senayan masih tetap kami laksanakan. Hal ini tentu wujud tanggungjawab kami dalam menjalankan tanggungjawab politik kepada konstituen di Dapil Kalsel – II.

Akhirnya saya berharap semoga sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa menjadi momentum kita untuk semakin mencintai NKRI dan menguatkan kembali semangat perjuangan dan persatuan, meski ditengah ujian wabah penyakit dan usaha kita bangkit setelah bencana, tapi kita terus berjuang keluar dari masa-masa sulit memperjuangkan Indonesia Maju.”