Bayern Disingkirkan PSG dan Gagal ke Semifinal Liga Champions

0

PARIS—Juara bertahan Liga Champions, Bayern Munchen gagal melenggang ke semifinal musim 2020/2021. Itu setelah dalam laga leg kedua babak 8 besar Rabu, 14 April hari ini, mereka hanya mampu menang 1-0 atas Paris saint Germain (PSG) yang membuat mereka kalah gol tandang. Sebelumnya, di leg pertama, PSG menang 3-2 di Jerman.

Pada laga di Stadion Parc des Princes yang berakhir beberapa saat lalu, PSG yang hanya butuh hasil imbang menciptakan peluang lebih awal lewat Kylian Mbappe. Namun, usahanya di 10 menit awal itu masih mampu dihalau pemain Bayern.

Di menit ke-25, Leroy Sane mendapat peluang terbaik Bayern. Ia mendapat bola di depan kotak penalti. Sayang, tembakan Sane masih menyamping tipis di sisi kiri gawang. Demikian juga dengan peluang terbuka Joshua Kimmich menit berikutnya.

PSG mendapat peluang emas melalui Neymar pada menit ke-27, umpan tarik Mbappe ke depan gawang berhasil dijangkau Neymar yang langsung berhadapan dengan Manuel Neuer. Beruntung bagi Bayern, bola masih mengenai kaki Neuer dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Di menit 33, Neymar kembali mendapat peluang bagus ketika berhasil mengecoh Benjamin Pavard. Sayang, tendangannya hanya mengenai mistar gawang. Menit ke-34 lagi-lagi Neymar mendapat kans mencetak gol, tapi bisa kembali diblok Neuer.

Neymar kembali mendapat peluang emas di menit ke-39 ketika Mbappe kembali memberinya umpan matang di depan gawang. Akan tetapi tembakannya hanya mengenai tiang gawang tim tamu meski sudah tidak bisa dijangkau Neuer.

Setelah PSG melewatkan tiga peluang emas, momentum berbalik ke Bayern. Diawali tendangan David Alaba yang bisa diblok Keylor Navas, bola rebound dengan cepat disundul Eric Maxim Choupo-Moting yang berujung gol di menit 40. 1-0 dan agregat menjadi 3-3.

Mbappe mendapat peluang menyamakan kedudukan di menit ke-42 namun bisa digagalkan barisan bek Bayern. Alaba dan Sane kemudian balik mengancam, namun bisa digagalkan Navas. Skor 1-0 pun bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Kembali ke lapangan, Bayern mendapat peluang pertama lewat Alaba. Namun, tembakannya masih menyamping. PSG merespons lewat kerja sama Neymar dan Angel Di Maria di menit ke-52. Di Maria berhasil menerobos ke sudut gawang sebelum memberi umpan tarik. Sayang, bola yang melintas di depan gawang gagal dijangkau Neymar.

Thomas Muller mendapat peluang menggandakan keunggulan di menit ke-61 ketika mendapat umpan teronosan dari Sane. Namun, tendangannya masih melenceng meski Navas sudah keluar dari gawangnya.

PSG mencetak gol melalui Mbappe di menit ke-78, namun dianulir karena bomber Prancis itu dalam posisi offside. Ini direspons Bayern lewat Sane di menit ke-82. Sayang, tembakan kaki kirinya hanya melenceng tipis di samping gawang.

Sepuluh menit akhir pertandingan berlangsung menegangkan. Bayern mencoba terus menekan, sementara PSG mengancam lewat serangan balik. Namun, tidak ada gol yang bisa mereka hasilkan. Skor 1-0 pun bertahan dan Bayern tersingkir.