Hasil Survei Charta Politika Indonesia: Birinmu 59,9% dan H2D 22,1%

0

BANJARMASIN – Hasil survei Charta Politika Indonesia yang dilakukan di wilayah Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kalsel menunjukkan elektabilitas paslon 01 Sahbirin Noor-Muhidin (Birinmu) dipilih oleh 59,9% responden, sementara paslon Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D) dipilih 22,1% responden. Sebanyak 18% responden tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu (undecided voters).

Rilis hasil survei Charta Politika yang dilakukan sejak 17-22 Mei 2021 itu disampaikan Ketua Tim Pemenangan Birinmu M Rifqinizamy Karsayuda, di Banjarmasin, Rabu (26/5/2021).

“Alhamdulillah hasil survei Charta Politika, sebuah lembaga survei nasional yang sudah sama-sama kita ketahui kualifikasi dan kredibilitasnya, menunjukkan bahwa masyarakat pemilih di wilayah PSU menjatuhkan pilihan kepada Sahbirin Noor dan Haji Muhidin,” kata Rifqi, panggilan akrabnya.

Sebanyak 1.740 responden yang menjadi sampel di 7 kecamatan PSU didatangi untuk diwawancarai secara tatap muka dengan kuisioner terstruktur. Survei menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin error plus minus 2,3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Perolehan Birinmu 59,9% dan H2D 22,1% diperoleh ketika responden ditanya: Seandainya PSU dilaksanakan hari ini, pasangan manakah yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Gubernur-Wagub Kalsel dari nama-nama di bawah ini?

Rifqi sebagai Ketua Tim Pemenangan Birinmu menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kalsel, khususnya masyarakat di wilayah PSU.

“Hasil survei Charta Politika tentu sangat menggembirakan di saat kami berikhtiar penuh memperkuat silaturrahmi dan merajut persatuan Banua. Kami berterimakasih kepada masyarakat Banua,” tambahnya.

Rifqi tentu berharap hasil survei bakal konsisten hingga hari H PSU pada Rabu 9 Juni 2021.

“Kendati saat ini tantangannya tidak ringan. Berbagai fitnah dan tebaran kabar tanpa data, bahkan kebohongan disampaikan seolah-olah sebagai kebenaran pada satu pihak. Dan ingin menegaskan seolah-olah dirinya bersih sementara pihak lain tidak,” tambahnya.

Akibatnya gesekan di tingkat grassroot bermunculan. Namun Tim Pemenangan Birinmu bertekad bakal terus berupaya agar kondisi di seluruh wilayah pencoblosan dan seluruh Kalsel terus kondusif, sehingga PSU bakal berjalan lancar dan aman, di mana masyarakat bakal berbondong-bondong ikut mencoblos mensukseskan pesta demokrasi masyarakat Banua.(*)