Konsumsi Daun Sirsak, Manfaat Untuk Kesehatan

0

JAKARTA – Sirsak memiliki banyak kegunaan dalam pengobatan tradisional, dan telah digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi kesehatan dan penyakit.

Dengan profil gizinya yang kuat, sirsak memberikan berbagai manfaat kesehatan. Untuk memaksimalkan manfaat daun sirsak kering, Anda bisa mengolahnya menjadi teh.

Inilah hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • 6 daun sirsak (kering atau segar).
  • 4 gelas air (disaring).
  • 1 sendok teh madu atau gula (hanya jika perlu).
  • Rebus daun sirsak dengan api yang kecil.
  • Biarkan hingga mendidih.
  • Setelah dimatikan, diamkan rebusan selama 15 menit.
  • Saring air rebusan tersebut ke dalam cangkir atau poci teh.
  • Rebusan daun sirsak siap dikonsumsi.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah musuh wanita paling menjengkelkan. Untuk mengatasi masalah ini, siapkan 6 lembar daun sirsak tumbuk daun tersebut hingga halus, dan campurkan dengan air mawar. Setelah itu, gunakan campuran tersebut sebagai masker secara teratur sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

  1. Mengobati Sariawan

Sariawan adalah penyakit berukuran kecil, tetapi bisa menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda bisa menumbuk daun sirsak, rebus hasil tumbukannya, dan minum air tersebut. Dijamin, seriawan akan segera mengecil dan hilang kemudian.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini adalah salah satu manfaat daun sirsak untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan oleh kandungan antioksidan yang ada di dalam daun tersebut. Antioksidan sendiri mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini pada manusia.

4. Menyembuhkan Bisul


Bisul adalah salah satu penyakit yang bisa bikin Anda tidak percaya diri karena tampilannya yang bisa dibilang tidak enak dipandang. Selain tampilannya yang mengganggu, penyakit ini juga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak, bisul bisa sembuh dengan cepat.