KPU Banjar Rampungkan Proses Pelipatan Surat Suara PSU Pilgub

0

MARTAPURA – KPU Banjar bergegas merampungkan sejumlah persiapan digelarnya pemungutan suara ulang (PSU) di lima kecamatan di Kabupaten Banjar. Kesibukan terlihat di lokasi penyimpanan logistik Pilkada di stadion Demang Lehman, Jumat (28/5/2021).

Sejumlah petugas dan petugas keamanan serta Bawaslu Banjar, ikut memantau dan mengamankan gawai yang akan digelar pada 9 Juni nanti.

Ketua KPU Banjar Muhaimin mengatakan, hari ini petugas sudah merampungkan seluruh proses pelipatan surat suara.
“Biasanya petugas bekerja hingga malam, tapi hari ini sore sudah selesai proses pelipatan surat suara,” katanya di Demang Lehman.

Berapa surat suara yang selesai dilipat dan surat suara yang rusak setelah dilakukan penyortiran atau pengecekan lalu dimasukkan ke tempat yang disiapkan.

“Untuk logistik PSU yang telah tiba di gudang logistik KPU Kabupaten Banjar adalah surat suara dan juga perlengkapan pengamanan diri seperti masker dan hand sanitizer,” kata Muhaimin.

Selain urusan logistik, KPU Banjar juga secara maraton menggelar bimbingan teknis (Bintek) ke lima kecamatan. Staf Bagian Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Banjar, Muslihah kepada Kanalkalimantan.com, mengatakan, bintek digelar untuk memberikan pembekalan kepada Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di TPS berlangsungnya PSU.

“Sejauh ini untuk persiapan pelaksanaan PSU Pilgub sudah sampai tahap Bimtek KPPS. Ini untuk persiapan nantinya mereka menjadi petugas pada 9 Juni 2021 karena masih terbilang baru jadi harus diberi pembekalan,” kata Muslihah.

KPU sendiri telah beberapa kali menggelar sosialisasi dengan merangkul dan mengundang tokoh masyarakat untuk ikut menyukseskan PSU di lima kecamatan.
“Harapannya akan ada peningkatan dari sisi kehadiran masyarakat. Yang sebelumnya tidak memilih, diharapkan untuk hadir di TPS,” katanya.