Manchester City Capai Final Liga Champions, Akhir Penantian Sepuluh Tahun Pep Guardiola

0

MANCHESTER – Sebelum bersama Man City, Pep Guardiola terakhir kali melangkah ke final Liga Champions dengan Barcelona pada 2011.

Kemenangan 2-0 atas Paris Saint-Germain pada laga leg kedua semi-final meresmikan kelolosan Manchester City ke final Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

City berangkat ke Istanbul untuk melakoni partai puncak pada 29 Mei menghadapi Chelsea atau Real Madrid setelah mengantongi keunggulan agegat 4-1 atas Les Parisiens.

Sebelum berpesta di Etihad berkat dua gol Riyad Mahrez, Rabu (5/5) dini hari WIB tadi, The Sky Blues juga menaklukkan PSG 2-1 dalam pertemuan pertama di Parc des Princes.

Tidak hanya bersejarah bagi Citizens, pencapaian ini juga sangat berarti bagi Pep Guardiola.

Kelolosan tahun ini menandai akhir penantian panjang Guardiola. Meski tenar sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia, sudah satu dasawarsa Pep absen berkiprah di final kompetisi termasyhur Eropa.

Sebelum bersama City, terakhir kalinya juru taktik asal Catalan itu menembus babak pamungkas Liga Champions pada 2011 dengan Barcelona. Saat itu El Barca jadi kampiun usai melibas Manchester United 3-1 di Wembley melalui tiga gol dari Pedro Rodriguez, Lionel Messi, serta David Villa.

Itu menjadi gelar Liga Champions kedua Guardiola. Setelahnya ia paling mentok lolos ke semi-final dalam empat kesempatan, sekali bersama Barcelona dan tiga di balik kemudi Bayern Munich.

Kini, Guardiola berpeluang merangkai treble sebagai manajer City. Trofi Piala Liga sudah dikantongi, dan City hanya membutuhkan satu poin lagi untuk merebut kembali titel Liga Primer Inggris – ketiga dalam empat tahun terakhir.

Chelsea atau Madrid akan menjadi rintangan terakhir Guardiola untuk menuliskan sejarah baru dengan Manchester City, 29 Mei mendatang.