Nissan Akan Jual Saham Mitsubishi

0

TOKYO – Nissan dilaporkan tengah mempertimbangkan menjual sebagian atau seluruh sahamnya sebesar 34 persen di Mitsubishi Motors. Padahal, penggabungan perusahaan telah membentuk aliansi tiga arah bersama Renault.

Menyusul berita ini, saham Nissan melonjak 5 persen, dengan Mitsubishi naik 3 persen. Salah satu kemungkinan bagi Nissan adalah menjual sahamnya ke entitas grup Mitsubishi, seperti Mitsubishi Corp, yang sudah memiliki seperlima saham Mitsubishi Motors.

“Tidak ada rencana untuk mengubah struktur modal dengan Mitsubishi,” kata juru bicara Nissan menanggapi kabar ini dalam pernyataan email kepada Reuters. Hal senada disampaikan juru bicara Mitsubishi. Dia menyatakan perusahaan akan terus berkolaborasi dalam aliansi.

Jika Nissan akhirnya menjual saham di Mitsubishi, hasil akhirnya akan terlihat jauh berbeda dari yang dibayangkan Carlos Ghosn atas ambisi aliansinya.

Sebelum penangkapannya pada 2018 atas tuduhan pelanggaran finansial, Ghosn ingin Renault dan Nissan bergabung sepenuhnya.

Nissan, yang 43 persen sahamnya dimiliki Renault, memangkas perkiraan kerugian operasinya untuk tahun ini hingga Maret sebesar 28 persen, dibantu kembalinya permintaan terutama di China.

Sementara Mitsubishi, yang merupakan produsen mobil terbesar keenam di Jepang, memperkirakan kerugian operasional sebesar 140 miliar yen pada tahun bisnis tersebut.

Baik Nissan maupun Mitsubishi berada di jalur memangkas tingkat produksi dan biaya untuk kembali ke profitabilitas. Nissan juga mengajukan gugatan perdata baru-baru ini terhadap Ghosn sebesar 10 miliar yen (95 juta dolar AS).