Start Posisi 12, Ini Strategi Joan Mir untuk Kunci Gelar MotoGP 2020 Malam Ini

0

VALENCIA—Balapan Valencian Community motorcycle Grand Prix yang akan jadi seri ke-13 MotoGP 2020 akan berlangsung malam ini. Dalam balapan ini, rider Petronas Yamaha, Franco Morbidelli akan start terdepan.

Pemuncak klasemen, Joan Mir yang saat ini unggul 37 poin di atas Fabio Quartararo dan Alex Rins akan memulai balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo dari posisi 12. Secara matematis, Mir butuh finis di posisi ketiga untuk mengunci gelar.

Jika mampu mendapatkan 16 poin, baik Quartararo dan Rins tidak akan mungkin mengejar di seri terakhir meski malam ini salah satu dari keduanya juara di Valencia. Mir sendiri mengaku tidak puas harus memulai lomba jauh di belakang. Akan tetapi, ia sudah menyiapkan strategi.

Lap pertama menurutnya akan sangat penting untuk memahami posisi mereka dan memutuskan apa yang ingin ia lakukan hari ini. “Saya akan mencoba memulihkan posisi sebanyak yang saya bisa dan kemudian jika saya dalam posisi yang baik dan nyaman, saya akan mulai memikirkan tentang juara. Tetapi sebelum itu, saya akan mencoba memulihkan banyak posisi,” ungkapnya di Crash.

Quartararo (Petronas Yamaha) dan rekan setimnya Alex Rins juga tidak memulai balapan dengan baik. Mereka akan start di urutan ke-11 dan ke-14. “Ya, tapi saya tidak terlalu memikirkan itu,” ujar Mir.

“Saya berpikir bahwa kami memiliki Franco [Morbidelli di posisi terdepan] terlihat sangat kuat, juga untuk kecepatan balapan. Mungkin saya salah satu dari sedikit pembalap yang bisa bertarung dengan Franco tetapi saya akan mulai sangat jauh,” lanjutnya.

Mir memberi isyarat akan “bermain” jika situasinya cukup bagus. “Memperjuangkan kemenangan adalah masalah. Saya akan mencoba memberikan 100% dalam balapan, melihat di mana kita berada dan pada saat itu saya akan mulai memikirkan tentang kejuaraan. Perasaan saya akan memutuskan apakah saya tetap di 10 besar atau saya ingin naik podium,” tandasnya.

Selengkapnya, berikut posisi start pada balapan MotoGP Valencia dikutip dari Crash:

1 Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)

2 Jack Miller (Pramac Ducati)

3 Takaaki Nakagami (LCR Honda)

4 Johann Zarco (Reale Avintia)

5 Pol Espargaro (Red Bull KTM)

6 Maverick Vinales (Monster Yamaha)

7 Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)

8 Francesco Bagnaia (Pramac Ducati)

9 Brad Binder (Red Bull KTM)

10 Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3)

11 Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)

12 Joan Mir (Suzuki Ecstar)

13 Cal Crutchlow (LCR Honda)

14 Alex Rins (Suzuki Ecstar)

15 Danilo Petrucci (Ducati Team)

16 Valentino Rossi (Monster Yamaha)

17 Andrea Dovizioso (Ducati Team)

18 Stefan Bredl (Repsol Honda)

19 Tito Rabat (Reale Avintia)

20 Alex Marquez (Repsol Honda)

21 Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini).