Blue Moon Langka Akan Terlihat di Langit Bumi saat Halloween

0

CALIFORNIA – Halloween mungkin terlihat berbeda tahun ini karena Covid-19. Namun, para penduduk Bumi akan disuguhkan penampilan langit yang menarik yakni Bulan purnama kedua yang langka.

Bulan purnama akan terlihat pada 31 Oktober 2020. Fenomena langit yang disebut sebagai Blue Moon adalah purnama kedua di bulan yang sama dan jarang terjadi.

Bulan purnama Halloween 2020 akan terlihat di seluruh dunia, bukan hanya sebagian. Kejadian ini sangat langka karena Bulan purnama Halloween terakhir terlihat di seluruh dunia terjadi pada 1944.

“Ketika saya mengajar, siswa sekoleh menengah saya mengira Bulan purnama terjadi setiap Halloween. Kurang tepat, meski dekorasi budaya pop membuatnya tampak seperti itu,” kata pendidik astronomi dan mantan direktur planetarium Jeffrey Hunt sebagaimana dikutip dari Cnet, Kamis (29/10/2020). 

Meskipun Bulan purnama Halloween tahun ini akan terlihat di semua bagian dunia, tidak setiap warga negara akan melihatnya. Penduduk di Amerika Utara dan Selatan akan melihatnya.

Seperti halnya Afrika, seluruh Eropa dan sebagian besar Asia juga akan melihatnya. Tapi, orang yang berada di bagian tengah dan timur Australia tidak akan melihatnya.

Ingin melihat Bulan purnama Halloween? Bulan akan sangat cerah pada fase penuh, sehingga jika Anda berada di kota yang ramai atau di luar pertanian tidak akan menjadi masalah.