Punya Masa Lalu Mengerikan, Ini 5 Fakta Atlet UFC Cantik Valentina Shevchenko

0

BISHKEK – Sosok  Valentina Shevchenko belum setenar Ronda Rousey. Meski demikian, prestasinya di ajang UFC tak bisa dipandang sebelah mata.

Dalam karier profesionalnya, si cantik asal Kyrgyzstan itu sudah melakoni 22 pertarungan. Dari jumlah tersebut, Shevchenko hanya tiga kali menderita kekalahan.

Saat ini dia masih memegang sabuk kelas terbang UFC usai mengalahkan Joanna Jedrzezjczyk, Desember 2018 lalu. Tapi bukan hanya itu fakta menarik dari Shevchenko. Berikut lima hal unik sang petarung yang dikutip dari MMA Breakdown, Kamis (29/10/2020):

1. Shevchenko sudah menekuni olahraga MMA sejak usianya 5 tahun. Dia pernah didaftarkan ke sekolah tari agar sifat feminisnya tidak hilang.

2. Atlet yang pernah menjajal judo, muay thai, dan kickboxing ini meraih kemenangan perdana di usia 12 tahun. Kala itu dia mengalahkan lawan yang umurnya terpaut 10 tahun lebih tua.

3. Selain Rusia, Shevchenko juga fasih berbahasa Spanyol. Dia mempelajari itu setelah pindah ke Peru pada 2008 lalu.

4. Petarung berjuluk ‘Bullet’ ini selamat dari insiden baku tembak pada Mei 2016 lalu. Ketika itu pelatihnya, Pavel Fedotov melawan sekumpulan perampok di salah satu rumah makan. Beruntung, Shevchenko tidak mengalami cedera sedikitpun.

5. Dalam debutnya di kelas terbang UFC pada 2018, Shevchenko mengalahkan Priscila Cachoeira melalui teknik rear naked choke. Sepanjang pertarungan, dia begitu mendominasi dan akurasi pukulannya mencapai 84 persen.