Sebelum Meninggal, Ayah Sudah Sebut 5 Nama Penerus Khabib Nurmagomedov

0

MOSCOW – Setahun sebelum meninggal dunia, ayah Khabib NurmagomedovAbdulmanap Nurmagomedov, sudah membayangkan momen ketika sang anak pensiun dari MMA dan UFC.

Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun dari arena MMA setelah mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254 pada Minggu (25/10/2020) dini hari WIB di Yas Island, Abu Dhabi.

Khabib pensiun dengan membawa rekor tak terkalahkan 29-0 selama kariernya.

Khabib mengaku ingin menepati janji pada ibunya bahwa duel melawan Justin Gaethje adalah yang terakhir dalam kariernya.

The Eagle tidak bisa lagi bertarung setelah ayah, pelatih pertama, sekaligus sumber inspirasinya, Abdulmanap Nurmagomedov, meninggal dunia pada bulan Juli lalu karena komplikasi COVID-19.

Abdulmanap sendiri sebetulnya sudah membayangkan momen Khabib pensiun.

Setelah Khabib mengalahkan Dustin Poirier di UFC 242 pada September 2019, Abdulmanap pernah menyatakan sang anak tidak perlu berlama-lama lagi bertarung di arena MMA.

Setahun sebelum meninggal dunia, Abdulmanap bahkan sudah menyebut 5 petarung yang akan meneruskan membawa nama Nurmagomedov setelah Khabib pensiun.

“Kami tidak kehilangan pandangan bahwa petarung-petarung muda muncul dan akan mengubah tatanan,” kata Abdulmanap seperti dikutip Juara.net dari Instagram Freak MMA.

“Dengan begitu saya bisa memantapkan kemampuan melatih.”

“Jadi, Khabib pensiun dengan rekor tak terkalahkan kemudian seorang juara baru muncul yang juga merupakan murid saya,” lanjut Abdulmanap.

“Di sini kami memiliki petarung-petarung muda yang sudah menunggu giliran untuk naik.”

“Saya pikir anak-anak ini akan menunjukkan level mereka dalam 2-3 tahun ke depan.”

Abdulmanap menyebut ada 5 petarung didikannya yang siap menjadi penerus Khabib sebagai juara berikutnya dari Dinasti Nurmagomedov.

Nama pertama pastinya Islam Makhachev, yang memang sudah digadang-gadang bakal menggantikan Khabib mengingat dia bertarung di kelas yang sama dan sudah masuk peringkat penantang UFC.

“Saya pikir Islam Makhachev bisa mengalahkan siapa saja. Mengapa saya harus khawatir? Dia lebih muda, lebih lapar, dia akan mengambil tempat Khabib,” ujar Abdulmanap.

Sang ayah juga menyebut dua saudara sepupu Khabib, Umar serta Usman Nurmagomedov.

Umar sudah direkrut UFC tetapi belum melakukan debut, sementara Usman baru saja mengikat kontrak dengan organisasi MMA saingan UFC, Bellator.

Dari mulut Abdulmanap juga tersebut dua nama yang mungkin belum familiar di telinga, yaitu Rashid Vagabov dan Movlid Khaybulaev

Rashid Vagabov adalah petarung kelas terbang yang kini bertarung di bawah bendera Gorilla FC dan memiliki rekor 6-1.

Sementara itu, Movlid Khaybulaev berlaga di kelas bulu di Professional Fighters League dan punya rekor 14-0 walaupun dua laga lain berakhir imbang dan no contest.