Transformasi Honda Odyssey dari Mobil Shuttle Keluarga Jadi Van Premium

0

JAKARTA – Perjalanan Odyssey bermula pada tahun 1994, dimana pabrikan asal Jepang Honda memproduksi minivan khusus keluarga.

Pada tahun 2020, Honda Odyssey telah memasuki usia 25 tahun dan memiliki lima generasi.

Honda Odyssey pertama kali diperkenalkan dengan desain kursi tiga baris serta menggunakan penggerak Four Wheel Drive (4WD).

Pada tahun 1997, mobil ini mulai mengadopsi mesin 3.0L V6 J30A dan menyematkan fitur Sunroof khusus untuk tipe L dan Aero.

Khusus di Eropa, generasi pertama Honda Odyssey dikenal dengan nama Honda Shuttle.

Ubahan mobil ini kembali dilakukan pada akhir tahun 1999, Honda Odyssey generasi kedua hadir dengan dimensi yang lebih besar dari sebelumnya.

Mobil ini diproduksi untuk pasar Jepang dan Australia, serta didesain menggunakan setir di sisi kiri kendaraan khusus untuk pasar Cina.

Honda Odyssey generasi kedua memiliki dimensi, bumper dan front grille yang lebih besar, serta memiliki aksen chrome.

Model ini menggunakan mesin 2.3L pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD).

Sementara itu, mesin berkapasitas 3L digunakan pada model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute.

Selanjutny, pada tahun 2000 Honda Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan mesin 3L.

Generasi ketiga Honda Odyssey mulai dipasarkan di Jepang pada Oktober 2003 dan menyusul ke Australia, serta beberapa negara lainnya pada awal 2004.

Secara keseluruhan, Honda Odyssey tetap mempertahankan model lima pintu dengan desain yang lebih ramping, ground clearance lebih rendah dan lebih terlihat sebagai mobil dibandingkan minivan.